PROFIL PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA (AHWAL SYAKHSHIYAH)

FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM

UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

 

Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) adalah salah satu program studi S1 pada Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Secara historis, Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) merupakan Prodi tertua di Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ yang berdiri pada tahun 1993. Sebagai sebuah program studi yang mempunyai sejarah panjang, Program Studi Hukum Keluarga telah banyak memberikan kontribusi penting dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia secara khusus dan masyarakat dunia secara umum. Di mana, para alumninya tersebar ke berbagai penjuru tanah air dan telah banyak berperan dan berkontribusi penting dalam berbagai lembaga/institusi, baik di lembaga pemerintahan maupun non-pemerintahan. Kiprah para alumni ini menunjukkan bahwa dari segi kelembagaan (pendidikan tinggi), Program Studi ini telah menjadi wadah pendidikan tinggi yang sangat penting keberadaannya di masa sekarang maupun yang akan datang.

Adapun visi, misi, dan tujuan Program Studi ini, serta profil lulusan kami adalah sebagai berikut:

A. VISI

“Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Mentransformasikan Ilmu Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) Berdasarkan Nilai-Nilai Qur’ani dan Berkarakter Humanis dalam Konteks Ke-Indonesiaan pada tahun 2026”

 

Penjelasan:

  • Unggul adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan tinggi yang ditunjukkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang hukum keluarga yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu berkompetisi di era global.
  • Qur’ani adalah mampu mentransformasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan dan memiliki sikap muslim yang dapat mengaktualisasikan mutiara luhur pesantren dan keunggulan universitas modern sebagai implementasi dari prinsip Islam rahmatan lil’alamin dan merupakan upaya optimalisasi peran manusia sebagai hamba Allah (‘abdullah) sekaligus khalifah-Nya (khalifatullah) yang unggul, kompetitif dan bermartabat.
  • Humanis yang dimaksud ialah untuk mewujudkan lulusan yang mampu memadukan mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika budaya, sosial dan politik kebangsaan, yakni pribadi yang mampu mengembangkan sikap toleran (tasamuh), seimbang (tawazun), moderat (tawassuth) dari kebiasaan kehidupan santri pesantren dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan mendahulukan kepentingan umum, masyarakat dan bangsa.
  • Keindonesiaan adalah mampu mengintegrasikan hukum Islam (syari’ah dan fikih), dengan hukum positif dan tradisi di Indonesia, agar dapat membumikan nilai-nilai Islam yang rahmatal lil’alamin.

B. MISI

Untuk merealisasikan Visi tersebut, Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) FSH UNSIQ memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum keluarga yang memiliki daya saing, berkarakter humanis berdasarkan nilai-nilai Qur’ani dan mampu memadukan tradisi ke-Indonesiaan untuk menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan kompetitif.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan berbagai penelitian yang berkaitan dengan hukum keluarga secara komprehensif, dan pendekatan multidisipliner sesuai dengan dinamika masyarakat, kemanusiaan, dan masyarakat modern.
  3. Melaksanakan kerjasama dan pengabdian masyarakat melalui peran lembaga-lembaga yang berinteraksi dengan masyarakat baik institusi dalam negeri maupun luar negeri.

C. TUJUAN

Tujuan Program Studi (S.1) Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah) adalah:

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana yang memiliki sumberdaya handal, qualified, mengedepankan moralitas Qur’ani, transformatif dan responsif terhadap perkembangan ilmu-ilmu hukum serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan penguasaan ilmu hukum keluarga.
  2. Menjadi laboratorium pusat pengembangan hukum Islam, terutama dalam bidang hukum keluarga yang menghasilkan karya-karya bermanfaat bagi pelaku hukum dan masyarakat umum khususnya untuk wilayah Wonosobo dan sekitarnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan memadukan nilai-nilai Al-Qur’an dan IPTEK serta menggunakan paradigma Islam rahmatan lil’alamin.
  4. Menjalin jejaring dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkan terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi

D. SASARAN

No Sasaran Strategi Pencapaian Waktu Ket.
1 Bidang Akademik      
  a. Lingkungan belajar yang kondusif dan berkualitas –     Menyusun manual mutu, intruksi kerja, dan Standar Operating Procedure (SOP) dalam bidang akademik dan pengajaran

–     Menyusun kalender akademik Prodi Hukum Keluarga

–     Melibatkan dosen dan staf administrasi dalam rapat koordinasi persiapan perkuliahan

–     Meminta dosen untuk menyusun silabus dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) serta diktat materi kuliah

–     Melaksanakan monitoring dan evaluasi perkuliahan setiap akhir semester

–     Melakukan evaluasi dan penataan kurikulum

2011-2016 Jangka pendek
  b. Meningkatnya kualitas dosen sesuai dengan kepakarannya –     Mengirimkan dosen studi lanjut S3

–     Menyesuaikan mata kuliah dengan bidang keahlian dosen

–     Mengirimkan dosen ke pertemuan ilmiah baik sebagai pembicara maupun peserta

–     Mengadakan pelatihan IT dan pembelajaran partisipatif di internal kampus

–     Mengadakan diskusi rutin antar dosen tentang pengembangan keilmuan

–     Mengadakan pelatihan pengajuan jabatan fungsional dosen dan pembentukan tim khusus jabatan fungsional program studi yang selalu memantau perkembangan jabatan fungsional dosen di Program Studi

2011-2021 Jangka menengah
  c. Meningkatnya kualitas tenaga kependidikan sesuai dengan kompetensinya –     Mengadakan pelatihan IT terbaru untuk mempermudah pekerjaan kependidikan sesuai dengan perkembangan IT

–     Memacu tenaga kependidikan yang belum S1 untuk studi lanjut

–     Memacu tenaga kependidikan yang masih S1 untuk studi lanjut

2011-2021 Jangka menengah
  d. Tersedianya  sarana prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dan proses pendidikan –     Penataan sarana penunjang perkantoran, sarana kebersihan, ketersediaan air, dan lingkungan kampus

–     Pengembangan kepustakaan, ruang buku, ruang baca, menambah jumlah buku dan jurnal

–     Penyediaan sarana penunjang perkuliahan yang lebih representatif: ruang kuliah yang nyaman, tersedianya LCD Projektor, internet hotspot, penggunaan e-lerning yang memanfaatkan e-book dan e-journal.

2011-2026 Jangka panjang
  e. IPK minimal mahasiswa 3,4 –     Mengoptimalkan peran dosen pembimbing akademik dalam membimbing mahasiswa

–     Melaksanakan program remidi bagi mahasiswa yang belum mencapai standar (nilai B)

–     Mengadakan bimbingan khusus dan intensif terhadap mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar yang dirujuk oleh dosen pembimbing akademik

2011-2021 Jangka menengah
  f. Kelulusan mahasiswa tepat waktu –     Mahasiswa diprogramkan untuk menyelesaikan perkulliahan kelas di semester 6, sehingga di semester 7 mahasiswa sudah melaksanakan seminar proposal dan berkonsentrasi menyelesaikan skripsinya di semester 8

–     Melaksanakan monitoring dan evaluasi secara berkala terhadap mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi untuk mendapatkan informasi mengenai kendala yang dihadapi dan untuk mendapatkan pemecahan masalahnya.

2011-2021 Jangka menengah
  g. Lulusan berkarya di masyarakat sesuai bidang keahlian dalam tahun ke 1 –     Mengadakan kegiatan job fair secara berkala.

–     Melakukan MoU dengan dengan berbagai institusi (KUA, PA, PN, dan lain-lain), dalam rangka PPL dan pemagangan.

–     Melakukan bimbingan karir secara berkala.

–     Mengadakan kegiatan penguatan profesi mahasiswa.

2011-2026 Jangka panjang
2 Bidang Penelitian      
  a. Penelitian skripi mahasiswa sesuai dengan kajian hukum keluarga Islam –     Melaksanakan pelatihan penulisan ilmiah bagi mahasiswa pada semester dua dengan menghadirkan pakar penulisan ilmiah yang telah mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal nasional terakreditasi ataupun internasional dalam rangka memberikan wawasan tentang teknik menulis ilmiah dan metode menghindari plagiarism

–     Memberikan perhatian khusus kepada matakuliah Metodologi Penelitian dengan menempatkan dua orang dosen pengampu sebagai upaya yang lebih intensif dalam rangka melakukan pemetaan terhadap tema-tema yang layak diangkat untuk penelitian skripsi.

2011-2016 Jangka pendek
  b. Penelitian oleh dosen tetap Prodi satu judul setiap tahun –     Mengarahkan dan mendorong setiap dosen untuk melakukan penelitian baik secara individual maupun kelompok.

–     Memberikan penghargaan kepada dosen dengan karya penelitian yang memiliki kontribusi bagi pengembangan Prodi

–     Memfasilitasi publikasi hasil penelitian dosen baik di tingkat regional, nasional, dan internasional.

2011-2021 Jangka menengah
  c. Publikasi ilmiah dosen tetap Prodi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional –     Melaksanakan pelatihan dosen penulisan jurnal internasional

–     Menyediakan dana untuk penerbitan publikasi ilmiah dosen di jurnal internasional

2011-2026 Jangka panjang
3 Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat      
  a. Partisipasi dosen dan mahasiswa dalam program pengabdian kepada masyarakat –     Memberikan dana pengabdian kepada dosen tetap untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat

–     Bekerjasama dengan LP3M (Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat) UNSIQ sebagai lembaga koordinator kegiatan pengabdian kepada masyarakat di tingkat universitas dan bekerjasama dengan pihak lain dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

2011-2021 Jangka menengah
  b Melaksanakan dan meningkatkan kerjasama (networking) dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkan terselenggaranya Tridharma Perguruan Tinggi Memperbaharui dan meningkatkan kerjasama dengan instansi dalam dan luar negeri 2011-2021 Jangka menengah

 

E. Profil Lulusan

No Profil Lulusan Deskripsi
1 Praktisi Hukum

Menjadi hakim, advokat, mediator dan konsultan hukum (setelah melalui pendidikan tertentu) yang menguasai hukum formil dan materiil tentang hukum keluarga, berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawab terhadap profesinya.

2 Akademisi

Menjadi pendidik dan peneliti yang menguasai ilmu hukum keluarga dan metode penelitian dengan baik (setelah melalui pendidikan tertentu), memiliki integritas keilmuan, berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawab terhadap profesinya.

3 Administrator PA dan KUA

Administrator Peradilan Agama, petugas pencatat perkawinan (setelah melalui pelatihan/pendidikan tertentu) yang menguasai hukum keluarga dan peraturan perundangan terkait, berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawab terhadap profesinya.