PROFIL PROGRAM STUDI HUKUM KELUARGA (AHWAL AL-SYAKHSHIYAH)

FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM

UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

 

Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) adalah salah satu program studi S1 pada Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Secara historis, Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) merupakan Prodi tertua di Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ yang berdiri pada tahun 1993. Sebagai sebuah program studi yang mempunyai sejarah panjang, Program Studi Hukum Keluarga telah banyak memberikan kontribusi penting dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia secara khusus dan masyarakat dunia secara umum. Di mana, para alumninya tersebar ke berbagai penjuru tanah air dan telah banyak berperan dan berkontribusi penting dalam berbagai lembaga/institusi, baik di lembaga pemerintahan maupun non-pemerintahan. Kiprah para alumni ini menunjukkan bahwa dari segi kelembagaan (pendidikan tinggi), Program Studi ini telah menjadi wadah pendidikan tinggi yang sangat penting keberadaannya di masa sekarang maupun yang akan datang.

Adapun visi, misi, dan tujuan Program Studi ini, serta profil lulusan kami adalah sebagai berikut:

  1. Visi

Menjadi program studi unggulan di Jawa Tengah pada tahun 2021 dalam “Mencetak sumber daya manusia Profesional yang berkompetensi dalam bidang hukum keluarga yang Transformatif, Humanis, dan Qur’ani.”

Penjelasan:

  • Unggul adalah suatu cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan tinggi yang ditunjukkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang hukum keluarga yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mampu berkompetisi di era global.
  • Profesional adalah lulusan prodi memiliki kompetensi di bidang hukum keluarga yang berkualitas dan berkarakter.
  • Transformatif adalah karakter pribadi lulusan yang dihasilkan mampu memadukan antara mutiara pesantren dengan pendidikan modern dalam dinamika sosial, budaya, dan politik, serta mempunyai sikap responsif dan kontruktif dalam menerima perubahan dan kemajuan sains dan teknologi.
  • Humanis adalah dapat menerapkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik berdasarkan asa perikemanusiaan dan pengabdian bagi kepentingan sesama.
  • Qur’ani adalah mampu mentransformasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan.

 

  1. Misi

Untuk merealisasikan visi tersebut, Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang kondusif untuk menghasilkan lulusan dalam bidang hukum keluarga yang berkualitas, profesional, humanis dan Qur’ani.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan berbagai penelitian yang berkaitan dengan ilmu hukum Islam secara umum dan lebih khusus melaksanakan penelitian di bidang hukum keluarga bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat di bidang hukum keluarga berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai instansi dan bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain dalam menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang hukum keluarga.

 

  1. Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi (S.1) Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) adalah:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia berderajad sarjana (S.1) Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) yang handal, qualified, memiliki moralitas Qur’ani, responsif terhadap perkembangan hukum di masyarakat dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan penguasaan hukum keluarga
  2. Menjadi laboratorium pusat pengembangan hukum Islam, terutama dalam bidang hukum keluarga yang menghasilkan karya-karya bermanfaat bagi pelaku hukum dan masyarakat umum khususnya untuk wilayah Wonosobo dan sekitarnya.
  3. Menerapkan hasil pembelajaran dan hasil penelitian dalam kehidupan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan dan manfaat bagi masyarakat.
  4. Terjalinnya kerjasama yang sinergis dalam bidang pendidikan antara Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhshiyah) dengan masyarakat luas, khusunya dengan para pekerja professional dalam bidang hukum keluarga.

 

  1. Profil Lulusan
No Profil Lulusan Deskripsi
1 Praktisi Hukum

Menjadi hakim, advokat, mediator dan konsultan hukum (setelah melalui pendidikan tertentu) yang menguasai hukum formil dan materiil tentang hukum keluarga, berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawab terhadap profesinya.

2 Akademisi

Menjadi pendidik dan peneliti yang menguasai ilmu hukum keluarga dan metode penelitian dengan baik (setelah melalui pendidikan tertentu), memiliki integritas keilmuan, berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawab terhadap profesinya.

3 Administrator PA dan KUA

Administrator Peradilan Agama, petugas pencatat perkawinan (setelah melalui pelatihan/pendidikan tertentu) yang menguasai hukum keluarga dan peraturan perundangan terkait, berakhlak Qur’ani dan bertanggung jawab terhadap profesinya.

 

 


Kategori

Statistik

Visitor

Flag Counter