PROFIL PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNSIQ

VISI

“Menjadi Program Studi Yang Unggul Dalam Mengintegrasikan Ilmu Hukum Berdasarkan Nilai-Nilai KeIslaman, KeIndonesiaan dan Kemanusiaan di Jawa Tengah Pada Tahun 2026”

Penjelasan :

  • Unggul adalah suatu keinginan dan cita-cita untuk mencapai keadaan yang menunjukkan tingkat penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Ilmu Hukum yang khas sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berakarakter, dan dikenal di Jawa Tengah sehingga mampu berkompetisi di era global. 
  • Mengintegrasikan Ilmu Hukum adalah memadukan bidang Ilmu Hukum yang berdasarkan nilai-nilai keIslaman ( Al Qur’an dan Transformatif ), Kemanusiaan (Humanis) dan Keindonesiaan (integrasi antara Hukum Islam dan Hukum Positif).

Dilihat dari pemaknaan Visi di atas, dapat dikatakan bahwa Visi Program Studi Ilmu Hukum FSH UNSIQ sangat realistis, karena:

  • Terintegrasinya landasan filosofis dan perkembangan sejarah Universitas,
  • Terkoneksi dengan Visi Universitas dan Fakultas,
  • Bisa menyamakan dan menyesuaikan dengan positioning Prodi yang ditemukan berdasarkan analisis SWOT,
  • Dapat diakses dan mudah dipahami oleh stakeholders;

Berwawasan jangka panjang serta tidak mengabaikan perkembangan zaman.

Gambar :

Visi UNSIQ:

“Terwujudnya Universitas Transformatif, Humanis,dan Qur’ani Pada Tahun 2031”

Visi Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ:

“Unggul dalam Integrasi Ilmu-Ilmu Syari’ah dan Hukum Berdasarkan Perspektif Keislaman dan Ke-Indonesiaan pada Tahun 2026”

Visi Prodi Ilmu Hukum:

“Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Mengintegrasikan Ilmu Hukum berdasarkan Nilai-nilai Keislaman, KeIndonesiaan dan Kemanusiaan Pada Tahun 2026”

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Ilmu Hukum Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo, menetapkan :

1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Ilmu Hukum yang mengintegrasikan KeIslaman,Kemanusiaan, dan KeIndonesiaan (Integrasi Hukum Islam dan Hukum Positif)

2.    Mengembangkan Ilmu Hukum dalam rangka pembangunan hukum nasional melalui penelitian sesuai dengan dinamika masyarakat dan kemanusiaan

3.    Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai hukum yang berkeadilan melalui pengabdian masyarakat

4.    Meningkatkan hubungan kerjasama yang strategis dengan lembaga-lembaga lain baik lembaga pemerintah maupun non-pemerintah pada tingkat lokal, regional , nasional atau bahkan internasional.

 

4  Tujuan

Tujuan yang akan dicapai dari penyelenggaraan Program Studi Ilmu Hukum UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo dapat dirumuskan sebagai berikut :

1.   Melaksanakan  pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam kajian Ilmu Hukum yang mengedepankan ketaqwaan dan nilai-nilai Qur’ani dalam rangka meningkatkan keimanan kapada Allah SWT, berjiwa Pancasila dan berbudi luhur sesuai budaya Indonesia.

2.   Menghasilkan lulusan sarjana Prodi Ilmu Hukum yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kapasitas keilmuandan keIslaman, keIndonesiaan dengan melakukan penelitian dan pengembangan bidang Ilmu Hukum .

3.    Menghasilkan lulusan sarjana Prodi Ilmu Hukum yang memiliki kemampuan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang kajiannya.

4.   Melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder baik nasional maupun internasional

 

 

 Profil Lulusan Program Studi Ilmu Hukum

Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Syari’ah dan Hukum diharapkan menghasilkan sarjana yang beriman,  bertakwa, berakhlakul karimah, berwawasan keIndonesian dan  keislaman. Secara akademis mampu melakukan integrasi-interkoneksi dalam bidang ilmu hukum secara holistik. Menghasilkan ahli hukum yang menghargai nilai-nilai luhur agama dan budaya, serta menjunjung tinggi kebenaran, keadilan, kesetaraan, dan persamaan hak. Mencetak ahli hukum yang berwawasan dan profesional dalam bidang hukum dengan komitmen pada nilai-nilai keislaman yang mampu bersaing dan dipersiapkan untuk mendapatkan bidang kerja seperti :

  1. Sebagai Hakim
  2. Sebagai Jaksa
  3. Sebagai Polisi
  4. Sebagai Konsultan Hukum
  5. Sebagai Advokat
  6. Sebagai Notaris
  7. Sebagai Dosen
  8. Tenaga ahli di bidang Hukum
  9. Mengisi Jabatan pada Bagian Hukum di Pemerintahan
  10. Mengisi jabatan sebagai manager atau HRD pada perusahaan