SALAM DEKAN FAK. SYARI’AH DAN HUKUM

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang di situs Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ Wonosobo, teriring doa semoga kita semua dalam keadaan sehat wal-afiat. Saya ingin menyampaikan bahwa FSH UNSIQ Wonosobo baru saja pergantian kepemimpinan untuk periode 2017-2021. Pergantian kepemimpinan secara langsung juga merubah performen kelembagaan dan paradigma pengelolaan akademik. Bila dihitung sejak berdiri pada 1993 dengan nomenklatur Fakultas Syari’ah, dan sejak 2013 berubah menjadi Fakultas Syari’ah dan Hukum (disingkat FSH) usia FSH telah menginjak 24 tahun. Dalam usia yang masih cukup muda ini FSH telah mampu berdiri kukuh sebagai salah satu centre of excellence Hukum Islam dan Tafsir Al-Qur’an  dan berupaya membangun tradisi akademik dan mengembangkan kesarjanaan yang berkarakter dengan paradigma back to culture and tradition academic.

Di atas visi “menjadi yang unggul dalam pemaduan dan pengembangan hukum, keislaman yang transformatif, humanis dan qur’ani”, FSH memiliki 5 lima program studi : Hukum Keluarga (ahwalu syakhsyiyah); Hukum Ekonomi Syari’ah (HES); Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IQT); Ilmu Hukum (IH); dan Perbankan Syari’ah dan telah terkreditasi BAN-PT : B. FSH terus berkarya mencetak Sarjana Hukum (S.H) plus keislaman dan Sarjana Agama (Tafsir Al-Qur’an). komitmen FSH akan terus mengembangkan ilmu pengetahuan yang melekat dalam kesarjanaan yang mereka miliki. Banyak di antara mereka tampil high profile ilmuwan, advokat, Pemimpin atau pendidi Pondok Pesantren, Hafidz-Hafidzoh, serta berkiprah dalam berbagai profesi dan aktif mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat.

Dengan landasan intregrasi keilmuan kukuh yang dimilikinya, FSH berupaya melangkah lebih jauh dan terus mengembangkan diri untuk mendukung upaya UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo meraih prestasi gemilang, mencapai standard pendidikan tinggi kelas Indonesia dan atau bahkan dunia, atau yang kerap disebut World Class University Sebagai mercusuar akademik UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, FSH tak ragu dan bimbang akan berdiri di depan dalam upaya mewujudkan cita-cita ini.

Menyadari posisi penting dan strategis FSH, saya memutuskan untuk mencanangkan upaya untuk menjadikan FSH sebagai  integrasi keilmuan, hukum dan Islam yang maju dan berkualitas dengan jargon “Keilmuan, Beramal, dan Maslahah”. Inilah visi kepemimpinan saya selama 4 tahun ke depan yang mudah-mudahan akan menjadi tonggak penting pengembangan FSH di masa-masa yang akan datang. Dengan visi ini, saya menjalankan misi sebagai berikut:

  1. Memperkuat posisi FSH sebagai  basis Keilmuan, Islam, Keindonesiaan berperspektif integrasi plus Hafidz, untuk mendukung penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan serta lulusan yang memberi kemanfaatan kemajuan peradaban modern.
  2. Menjadikan FSH simpul penting penyelenggaraan pendidikan berkarakter ke-Al-Qur’an, pesantren dan kemoderan.
  3. Memperbaiki mutu penelitian dosen dan mahasiswa untuk menembus jurnal-jurnal dan penerbit akademik bergengsi berskala nasional maupun internasional.
  4. Memperkuat sumberdaya, sistem manajemen, administrasi keuangan, dan kelembagaan PSH untuk mendukung pengembangan akademik, penelitian, jejaring kerjasama, exposurenasional maupun internasional, dan keterlibatan civitas akademika dalam merespons persoalan-persoalan aktual.
  5. Menjadikan kampus FSH sebagai rumah akademik yang berintegritas, nyaman, asri, bernuansa religius, dan mendukung dinamisasi pengembangan keilmuan dan profesionalitas dosen, staf dan mahasiswa.
  6. Mengembangkan dan bergerak maju membuka program studi yang berbasis kebutuhan dan futuristik di masyarakat madani sekarang dan yang akan datang.

Dengan visi-misi inilah, saya merancang beberapa program rencana strategis yang akan dijadikan landasan pacu pengembangan FSH selama 4 tahun ke depan.

Tentu saja dengan renstra FSH, saya berharap akan memberikan atmosfir Tri Dharma perguruan, dan komitmen seluruh sivitas akademik FSH untuk bersama-sama dan bersatu padu dalam mengembangkan SDM Dosen, tenaga kependidikan untuk mencetak dan menghasilkan lulusan-lulusan sarjana yang berkualitas, profesional dan memiliki rasa impati atas perkembangan peradaban modern, sehingga mampu menjawab problematika di masyarakat.  Insyaallah, dengan ridha ilahi, semua upaya dan cita-cita ini akan dapat kita wujudkan. Amin.

Wonosobo, 13 September 2017

Dr. H. Mahfudz Junaedi, MH.


Kategori

Statistik

Visitor

Flag Counter