Lampiran Surat Keputusan Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum  Nomor: 75/SK/FSH-UNSIQ/V/2014

Perihal: Pembentukan Dan Pengangkatan Pimpinan Unit Penjaminan Mutu

Fakultas Syari’ah Dan Hukum Unsiq Jawa Tengah Di Wonosobo T.A. 2014/2015

 

 

PIMPINAN UNIT PENJAMINAN MUTU FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM

UNIVERSITAS SAINS AL QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

TAHUN AKADEMIK 2014/2015

 

 

 

Pembina                                               : Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum

UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo

 

Ketua                                                   :  M.A.Mustofa Kamal, AH, S.Th.I, M.S.I

Wakil Ketua                                         :  Drs. Mahfudz Junaedi, M.H

Sekretaris                                             :  Aksamawanti, S.HI, M.H

Anggota                                               :  1) Ahmad Hafidz, S.HI

:  2) Sawaun, S.Th.I, M.Hum

:  3) Lutfan Muntaqo, S.H, M.S.I

:  4) Arif Al Wasim, M.S.I

:  5) Mutho’am, S.HI, M.S.I

:  6) Ika Setyorini, S.H

 

 

 

 

 

Wonosobo, 14  Mei  2014

Dekan,

 

 

 

 

Drs. Ahsin Wijaya, Alh, M.Ag.

NPU. 1910192008

Materi UPM: Klik presentasi standar p2m

 

Manual

  1. KEBIJAKAN MUTU AKADEMIK FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM (FSH) UNIVERSITAS SAINS AL QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

 

  1. Kebijakan Umum
  1. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo menyelenggarakan proses pendidikan yang baik.
  2. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo menyusun dan mengembangkan Standar Akademik ke arah Standar Nasional.
  3. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo meningkatkan daya saing dengan mengembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi yang terstruktur dan berkesinambungan.
  4. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo mengembangkan sumberdaya manusia untuk memenuhi persyaratan UNSIQ sebagai Qur’anic University.
  5. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo menyelenggarakan evaluasi reguler untuk meningkatkan kualitas, akuntabilitas dan akreditasi.
  6. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul, berbudi dan berkepribadian luhur, sehat, berilmu dan berteknologi yang selalu memegang teguh nilai-nilai Al Qur’an serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

 

  1. Penjaminan Mutu Akademik Internal
  1. Penjaminan Mutu Akademik Internal di Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ dilakukan untuk menjamin:
  1. Kepatuhan terhadap kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik serta manual mutu akademik;
  2. Kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan di setiap program studi;
  3. Kepastian bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan spesifikasi program studi;
  4. Relevansi program pendidikan dan penelitian dengan tuntutan masyarakat dan stakeholders
  1. Penjaminan Mutu Akademik Internal merupakan bagian dari tanggung jawab pimpinan fakultas, lembaga, program studi/bagian, laboratorium serta dosen. Sasaran penerapan sistem penjaminan mutu akademik harus ditetapkan dan dituangkan dalam Rencana Strategis dan Rencana Kegiatan Tahunan masing-masing satuan kerja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. SISTEM PENJAMINAN MUTU AKADEMIK FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM (FSH) UNIVERSITAS SAINS AL QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

 

  1. Konsep
  1. Pengertian mutu secara umum adalah kesesuaian dengan standar, kesesuaian dengan harapan stakeholders, atau pemenuhan janji yang telah diberikan. Mutu pendidikan di Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ dimengerti sebagai pencapaian tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan sesuai rencana strategis dan standar akademik. Pencapaian tujuan ini menyangkut aspek masukan, proses, dan keluaran.
  2. Mutu pendidikan di Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ bersifat adaptatif dalam arti bahwa lulusan Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ mampu secara terus-menerus menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta realitas sosial-budaya yang terus berkembang secara dinamis. Mutu pendidikan di Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ juga mencakup aspek pelayanan administrasi, sarana/prasarana, organisasi, dan manajemen yang dapat memenuhi harapan stakeholders.
  3. Sistem penjaminan mutu akademik di Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ dirancang dan dilaksanakan untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan. Hal ini berarti bahwa sistem penjaminan mutu harus dapat menjamin bahwa lulusan akan memiliki kompetensi yang ditetapkan dalam Spesifikasi Program Studi. Dengan demikian universitas juga menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar seperti yang dijanjikan di dalam spesifikasi program studi.

 

  1. Penerapan
  1. Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ menerapkan penjaminan mutu akademik yang berjenjang. Pada tingkat Universitas dirumuskan kebijakan akademik dan standar akademik universitas dan dilakukan audit mutu akademik fakultas serta audit mutu akademik bagian/program studi. Pada tingkat fakultas dirumuskan kebijakan akademik fakultas, standar akademik fakultas dan manual prosedur. Pada tingkat program studi dirumuskan kompetensi lulusan dan spesifikasi program studi, manual prosedur, instruksi kerja serta dilakukan evaluasi diri .
  2. Dalam pengembangan dan penerapan sistem penjaminan mutu, Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ memilih pendekatan FEE (Facilitating, Empowering and Enabling, Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi – Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi 2003) dan buku Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi pada tahun 2009 yang dilengkapi dengan praktik baik dalam berbagai standar nasional pendidikan. Dan menugaskan Badan Penjaminan Mutu untuk melaksanakan peran universitas dalam pengembangan dan penerapan sistem penjaminan mutu di semua unit pelaksana kegiatan akademik.
  3. Pelaksanaan penjaminan mutu akademik di Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UNSIQ dijelaskan secara lebih rinci dalam Manual Prosedur Penjaminan Mutu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • ORGANISASI PENJAMINAN MUTU AKADEMIK FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS SAINS AL QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

 

 

  1. Tingkat Fakultas
  1. Pemegang kepentingan penjaminan mutu akademik di tingkat Fakultas terdiri atas Senat Fakultas, Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik.
  2. Senat Fakultas merupakan badan normatif tertinggi di lingkungan fakultas yang memiliki wewenang untuk menjabarkan kebijakan dan peraturan universitas untuk fakultas.
  3. Senat fakultas terdiri atas Pimpinan Fakultas, Ketua Program Studi/Bagian, Guru Besar dan wakil dosen. Senat fakultas diketuai oleh Dekan yang dibantu oleh sekretaris senat yang dipilih diantara anggota.
  4. Senat Fakultas mempunyai tugas sebagai berikut :
  1. Merumuskan kebijakan akademik fakultas;
  2. Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian dosen;
  3. Merumuskan norma dan tolok ukur pelaksanaan penyelenggaraan fakultas;
  4. Menilai pertanggungjawaban pimpinan fakultas atas pelaksanaan kebijakan akademik;
  5. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan UNSIQ mengenai calon yang diusulkan untuk menjadi pimpinan Fakultas;
  6. Memberi saran, pendapat atau pertimbangan berkenaan dengan masalah-masalah yang diajukan oleh pimpinan fakultas.
  1. Dekan bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta pembinaan tenaga akademik, tenaga administrasi, dan mahasiswa. Dekan bertanggung jawab atas terjaminnya mutu akademik di fakultas. Dalam mengemban tanggung jawab akademik, Dekan dibantu oleh Wakil Dekan Bidang Akademik.
  2. Wakil Dekan Bidang Akademik, bertanggung jawab atas tersusunnya Manual Prosedur di tingkat fakultas sesuai dengan tugas dan fungsinya. Wakil Dekan Bidang Akademik bertugas untuk melaksanakan kegiatan penjaminan mutu akademik di tingkat fakultas. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh ketua program studi/kepala bagian.
  3. LPM dalam pengembangan sistem penjaminan mutu akademik bertugas memfasilitasi Wakil Dekan Bidang Akademik dalam penjabaran Standar Akademik Universitas ke dalam Standar Akademik Fakultas dan sosialisasi sistem penjaminan mutu ke semua sivitas akademika di tingkat fakultas.
  4. Setiap tahun Senat Fakultas menerima laporan audit mutu akademik internal dari LPM. Senat Fakultas akan mempelajari laporan tersebut dan menentukan kebijakan dan peraturan baru ditingkat fakultas untuk peningkatan mutu pendidikan.

 

  1. Tingkat Bagian/Program Studi
  1. Kepala Bagian/Ketua Program Studi bertanggung jawab atas tersusunnya:
  1. Spesifikasi Program Studi (SP)
  2. Manual Prosedur (MP) dan
  3. Instruksi Kerja (IK) yang sesuai dengan SA, MM, dan MP.
  1. Kepala Bagian/Ketua Program Studi bertanggung jawab atas terlaksananya:
  1. Proses pembelajaran sesuai dengan SP, MP, IK;
  2. Evaluasi pelaksanaan proses pembelajaran;
  3. Evaluasi hasil proses pembelajaran;
  4. Tindakan perbaikan proses pembelajaran;
  5. Penyempurnaan SP, MP, dan IK secara berkelanjutan.
  1. Kepala Bagian/Ketua Program Studi bertugas untuk :
  1. Menyusun laporan hasil evaluasi proses pembelajaran
  2. Melakukan tindakan perbaikan sesuai Permintaan Tindakan Koreksi (PTK).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU (LPM)

FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM (FSH)

UNIVERSITAS SAINS AL QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan

: Garis Instruksi

: Garis Koordinasi

 

 

Ditetapkan di : Wonosobo

Pada Tanggal : 14 Mei 2014

 

 

Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)

Jawa Tengah di Wonosobo

Dekan,

Drs. Ahsin Wijaya, Alh, M.Ag.

NPU. 1910192008

 

DAFTAR RUJUKAN

 

  1. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. PP No.60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Undang-undang No 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi
  4. Keputusan menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian hasil belajar mahasiswa.
  5. Higher Education Long Term Strategy
  6. Pedoman Penjaminan Mutu DIKTI tahun 2003
  7. Buku Sistem penjaminan Mutu dilengkapi dengan Praktikan Baik tahun 2013
  8. Statuta UNSIQ Tahun 2013
  9. Kebijakan Akademik UNSIQ tahun 2013
  10. Rencana Strategis UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo 2011 – 202
  11. Rencana Strategis Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ 2011 – 2021
  12. Standar Akademik UNSIQ tahun 2013

Kategori

Statistik

Visitor

Flag Counter