PROFILE FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN (UNSIQ) JAWA TENGAH DI WONOSOBO 

  1. SEJARAH PERKEMBANGAN FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM 

Sejarah berdirinya Fakultas Syari’ah dan Hukum adalah lima tahun setelah beridirinya Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Pada awalnya, yaitu pada tahun 1993, setelah berdirinya Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Dakwah, IIQ ketika itu bermaksud untuk menambah satu fakultas lagi, dan fakultas itu adalah Fakultas Syari’ah.  Pada mulanya Fakultas Syari’ah dan Hukum UNSIQ ini, dimulai dengan identitas Fakultas Syari’ah, dengan prodi Akhwal al-Syakhsiyyah, namun pada perkembangannya muncullah beberapa prodi. Sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat, maka Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum kemudian berupaya untuk membuka  program studi-program studi yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Maka, setelah  prodi Akhwal al-Syakhsiyyah sebagai embrio yang pertama muncul dan berjalan secara baik di Fakultas Syari’ah dan Hukum, selanjutnya  disusul dengan munculnya  program studi Mu’amalah, berikutnya program studi Ulumul Qur’an dan Tafsir, dan pada saat ini Fakultas Syari’ah dan Hukum sedang mengajukan prodi Ilmu Hukum sampai pada status direkomendasikan untuk di diberi ijin operasioanl program studi Ilmu Hukum (oleh BAN PT-DIKTI). Dalam saat yang hampir bersamaan, Fakultas Syari’ah dan Hukum juga sedang mengajukan  program studi Perbankan Syari’ah (juga dalam proses rekomendasi).

Dengan demikian, progres ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang kreatif dan inofatif bagi perkembangan Fakultas Syari’ah pada masa-masa yang akan datang.

  1. Visi, Misi

Rumusan Visi, Misi  Fakultas Syariah dan Hukum UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo didasarkan pada nilai-nilai al-Qur’an. Visi Fakultas Syari’ah dan Hukum adalah

Unggul dalam Mengintegrasikan Ilmu-Ilmu Syari’ah dan Hukum Berdasarkan Transformatif Nilai-Nilai Al-Qur’an, Berkarakter Humanis dalam Konteks Ke-Indonesiaan pada Tahun 2026”.

Misi:

Sesuai dengan rumusan visi FSH UNSIQ Wonosobo pengelola program studi tersebut di atas, mekanisme penyusunan misi ditetapkan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan pengajaran di bidang ilmu Syari’ah, ilmu hukum, hukum ekonomi Islam yang bermutu dan relevan untuk pengembangan keilmuan dan mendukung praktik hukum.
  2. Memberikan landasan nilai-nilai Qur’ani, akhlak yang mulia bagi pengembangan dan penerapan ilmu-ilmu syari’ah dan hukum di masyarakat
  3. Melaksanakan pengkajian, penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu syari’ah, hukum, ekonomi Islam, guna pengembangan keilmuan dan untuk meningkatkan profesionalitas lulusan yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Melaksanakan penyuluhan, advokasi dan pengabdian hukum Islam, hukum umum pada masyarakat
  5. Menguatkan sistem manajemen dalam mengelola program studi
  6. Mengoptimalisasi jaringan kerjasama, baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional, terutama yang terkait dengan kelembagaan dan pengembangan ilmu syariah dan hukum.

Menyelenggarakan manajemen modern perguruan tinggi yang berorientasi pada mutu, profesionalisme, dan keterbukaan serta memiliki daya saing yang tinggi dan kuat.

Program Studi dan unit di bawah Fakultas Syari’ah dan Hukum

Program Studi

  1. Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhshiyah)

Pada tahun 1993, Program Studi Akhwal al-Syakhsiyyah Fakultas Syari’ah untuk pertama kali dibuka berdasarkan SK Departemen Aagama RI Nomor 305 tahun, tertanggal : 22 Nopember 1993, dengan pejabat penandatangan : Dr. H. Tarmidzi Taher. Status terakhir : Terakreditasi  B (332), berdasarkan No. SK BAN PT  047/BAN-PT/Ak-XV/S1/XII/2012. Terakreditasi B.

  1. Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah)

Pada tahun  1995 Fakultas Syari’ah menambah sartu prodi, yaitu Prodi Mu’amalah berdasarakan SK Menteri Agama No.  446 1995 tertanggal  20 September 1995, yang kemudian diperbaharui dengan SK Nomor  Dj. I/75/2004, tertanggal 16 April 2004, oleh pejabat penandatangan : A. Qadri Azizi.  Status terakhir : Terakreditasi B (324), dengan SK.  No. 030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010. Terakreditasi B.

  1. Program Studi Ulumul Qur’an dan Tafsir

Pada 2009, Fakultas Syari’ah dan Ilmu Humum membuka prodi baru, yaitu Prodi  Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, berdasarkan SK Dirjen Kementerian Agama Republik Indonesia  Nomor  DJ.I/Dt.I.IV/I/PP.00.9/1711/2009, tertanggal 21 Desember 2009, oleh pejabat penandatangan Prof. DR.  H. Mahasin, MA. Status terakhir : Terakreditasi C (246)  berdasarkan SK No.  O49/BAN-PT/Ak-XIV/S1/I/2012. Terakreditasi B.

  1. Program Studi Ilmu Hukum

Pada Mei 2011, Fakultas Syari’ah dan Hukum mengajukan pembukaan prodi Ilmu Hukum.

  1. Program Studi Perbankan Syari’ah

Pada April 2013, Fakultas Syari’ah mengajukan pembukaan  program studi Perbankan Syari’ah.


Kategori

Statistik

Visitor

Flag Counter